SOP Penanganan Jaringan LAN

  1. Staf divisi jaringan yang bertugas untuk melakukan monitoring jaringan menemukan adanya gangguan pada node di jaringan lokal UPR atau menerima laporan dari pengguna jasa dilingkungan UPR.
  2. Staf divisi jaringan segera melakukan pengecekan perangkat dengan menggunakan perintah ping.
  3. Apabila ping tidak berhasil, maka staf divisi jaringan segera menghubungi penanggung jawab IT tempat terjadi gangguan untuk mengkonfirmasi masalah yang terjadi.
  4. Jika gangguan terjadi pada infrastruktur IT, staf bidang jaringan segera melaporkan permasalahan yang terjadi kepada Koordinator Divisi Jaringan dan penanggung jawab IT yang terkena dampak gangguan.
  5. Koordinator Divisi Jaringan segera menindaklanjuti laporan dengan mengirimkan staf divisi jaringan ke lokasi tempat gangguan
  6. Staf divisi jaringan segera melakukan inventarisasi permasalahan dan berdasarkan hal tersebut ditentukan estimasi waktu pemulihan.
  7. Staf divisi jaringan melaporkan kondisi di lapangan beserta estimasi waktu pemulihan kepada Koordinator Divisi Jaringan.
  8. Koordinator Divisi Jaringan melaporkan kondisi yang terjadi beserta estimasi waktu pemulihan kepada penanggung jawab IT yang terkena dampak gangguan.
  9. Atas perintah dari Koordinator Divisi Jaringan, Staf divisi jaringan segera melakukan perbaikan sesuai dengan permasalahan dan estimasi waktu pemulihan yang telah ditentukan